Pendidikan Gratis Bukan Berarti Digratiskan Semuanya

By Drs. Salewang 26 Februari 2018, 14:32:16 WIBBerita 📖 384


Berbicara mengenai Pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata tapi tanggung jawab kita bersama. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggunakan tagline “ Ayo ke Sekolah” itu artinya anak ke sekolah , ke kelas dan belajar. Kalau perlu sebagai orang tua sekali sekali juga ke sekolah melihat putra putrinya. Jangan hanya  guru yang disalahkan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar Drs. Mustakim Ar, M M Pub. Pada upacara bendera hari Senin 26 – 2 - 2018 di Lapangan Kantor Bupati Kepulauan Selayar.

Dikatakannya ada dua tugas yang diemban oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang pertama  soal Pendidikan dan kedua masalah kebudayaan. Pendidikan sangat memerlukan perhatian dan pembiayaan dari semua orang tua siswa. Jadi walaupun ada program Pendidikan gratis tapi tidak semuanya gratis. Perlu kita perhatikan bahwa yang gratis itu hanyalah anak yang kurang mampu. Anak yang mampu tidak digratiskan. Jadi itu yang perlu dipahami oleh orang tua murid dan siswa. Hanya anak yang tidak mampu yang digratiskan.

Bagaimana mungkin kualitas Pendidikan bisa baik kalau semuanya digratiskan. Banyak keperluan Pendidikan yang membutuhkan pembiayaan. Banyak hal yang perlu dibenahi termasuk pemerataan guru di kepulauan. Dulu guru di Kepulauan Selayar sebanyak 3000 lebih namun saat ini hanya kurang lebih 1.300 apalagi tiap tahun ada yang memasuki pensiun. Kita sangat kekurangan guru, didaratan saja kita kekurangan 400 guru sementara di kepulauan kita kekurangan guru sekitar 130 guru.  

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar Drs. Mustakim AR, M M Pub. mengatakan kalau ada guru yang dimutasi kepulau jangan lagi berbagai argument dan alasan  yang disampaikan. Mohon bantuan Bapak dan Ibu  jika ada keluarganya guru yang dimutasi kepulau agar dapat diberikan pengertian untuk segera menjalankan tugasnya. Kapan lagi kalau bukan kita yang meningkatkan kualitas Pendidikan.  (slw)



Berita Populer

Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook