Sekda Selayar Dukung Sistem Informasi KAKANDA, Berikut Penjelasannya

Sekda Selayar Dukung Sistem Informasi KAKANDA, Berikut Penjelasannya


MAKASSAR - Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si., selaku mentor mendukung penuh program inovasi  Sistem Informasi Kecamatan Kendalikan Dana Desa (KAKANDA) yang diluncurkan oleh Asisten Pemerintahan Drs. Suardi pada proyek perubahan Diklatpim II angkatan IV di Kantor LAN Makassar Sulawesi Selatan.

Program inovasi tersebut dinilai mampu mengontrol keuangan desa, olehnya itu ia memberikan dukungan baik dari segi penganggaran. Meski demikian kata Sekda Selayar yang menjadi problem menyangkut Sumber Daya Manusia (SDM) pegawai kecamatan dan desa apakah mampu untuk menjalankan program tersebut.

Demikian dikemukakan Marjani Sultan saat memberikan bimbingan kepada Asisten Pemerintahan pada seminar rangkaian Diklatpim II di LAN Makassar, Rabu (10/7/2019).

“Dengan adanya program ini, peran camat yang langsung koordinasi dengan Kepala Desa sebagai pengguna anggaran desa, bukan kepada Dinas PMD,” kata Marjani Sultan.

 

Baca juga : Wabup Kepulauan Selayar Apresiasi Program Inovatif Kadis PMPTSPTK

 

Dua desa yang dijadikan sampel yakni Desa Parak dan Desa Polebungin diharapkan mampu menjadi pembelajaran, guna mengurangi para kepala desa tersandung kasus hukum.

Seperti diberitakan sebelumnya, Asisten Pemerintahan Setda Kepulauan Selayar Drs. Suardi mengemukakan bahwa program inovasi Sistem Informasi Kecamatan Kendalikan Dana Desa dinilai dapat meningkatkan pelayanan dan pengawasan bagi pengelolaan DAU desa agar bisa berjalan efektif dan efisien sesuai peruntukannya.

“Kita lihat sekarang ini tidak sedikit kepala desa di Indonesia yang terjerat hukum gegara pengelolaan dana desa yang tidak sesuai peraturan perundang-undangan. Kita tidak ingin hal-hal seperti itu terjadi di Selayar. Saya kira sistem kontrol melalui sistem informasi Kakanda ini sangat efektif kita terapkan di Kabupaten Kepulauan Selayar,” kata Asisten Pemerintahan Drs. Suardi.

Ia berharap pembangunan di tingkat desa dan kecamatan dapat berjalan lancar dan aman sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. (IM/FDL)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Dimana anda mencari informasi seputar selayar?
  Langsung dari orang / Warkop dll
  Media cetak / Koran, Majalah dll
  Media elektronik / TV atau Radio
  Media elektronik / Internet

Komentar Terakhir

  • avatar-1

    Mesin Pendingin

    Segel restoran ini sudah berdasarkan undang-undang. untuka anda sekalian bila ingin ...

    View Article
  • avatar-1

    epowivur

    Discuss bjn.atan.kepulauanselayarkab.go.id.jcm.yn sandbags ...

    View Article
  • avatar-1

    ukauyuwo

    Initially odz.hzhx.kepulauanselayarkab.go.id.osn.ha residual vital: eosinophils, ...

    View Article
  • avatar-1

    ijivaqib

    When nxl.nqdp.kepulauanselayarkab.go.id.eas.mo cavities ...

    View Article