- Asisten Pemerintahan dan Kesra Buka Rakor SPBE Kerja Sama USAID Erat dengan Diskominfo
- Wabup Selayar Buka Lokakarya Optimalisasi Kinerja PPID, Operator OPD Diminta Wajib Buat Laporan Tahunan
- Terharu, Musrifah Basli Pamitan pada Momen Puncak HKG PKK ke-52
- Ribuan Tenaga Non ASN Pemkab Selayar Menuju Bulukumba, Bupati Basli Ali; Hati-hati dan Tetap Fokus
- Bupati Selayar Lepas Peserta Gerak Jalan Sehat HKG PKK ke-52
- Pemkab Selayar Transformasi Pelayanan Kesehatan Primer dengan Konsep Primary Health Care
- Wabup Selayar Sebut Prevalensi Stunting di Selayar Mengalami Penurunan Setiap Tahunnya
- Disperinaker Pemkab Selayar Serahkan Bantuan Peralatan Bagi Pelaku Usaha
- Usung Semangat Cerdas dan Tangguh, Jambore PKK Selayar 2024 Resmi Dibuka
- HOAKS, Pengobatan Ida Dayak di Benteng Kepulauan Selayar
Bidang Humas Diskominfo SP Sosialisasi Kanal Aduan SP4N Lapor di Kecamatan Bontoharu
KEPULAUAN SELAYAR - Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo, SP) Bidang Humas, Informasi dan Komunikasi Publik, kerjasama dengan USAID Erat melakukan sosialisasi terkait kanal aduan online rakyat di Aula Kantor kecamatan Bontoharu, Kamis (31/10/2024).
Kanal pengaduan online yang lebih familiar dikenal dengan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N Lapor) besutan KemenpanRB sudah diluncurkan sejak beberapa tahun lalu.
Hal in dipertegas oleh Kabid Humas IKP Andi Esty Abriany dalam paparannya yang hadir sebagai pemateri.
“Kanal SP4N LAPOR merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat yang dikelola Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) sebagai Pembina Pelayanan Publik,” terangnya.
Dikatakan, dibentuknya SP4N Lapor untuk merealisasikan kebijakan yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan, aspirasi, serta permintaan informasi dari manapun dan jenis apapun yang akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menanganinya.
Hal senada diungkapkan juga oleh fasilitator USAID ERAT Baharuddin Solongi, bahwa SP4N Lapor merupakan suatu wadah dalam menyampaikan baik itu bersifat aduan, aspirasi, maupun permintaan informasi yang dibutuhkan terkait layanan publik, sebagai sebuah aplikasi layanan aduan resmi dari pemerintah.
“Saya berharap dengan sosialisasi ini para peserta yang sempat hadir dalam acara ini lebih mengerti adanya satu saluran penyampaian pengaduan masyarakat, terkait pelayanan publik, serta dapat meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Kepulauan Selayar,” ucap Baharuddin.
Sosialisasi SP4N Lapor ini disambut baik dan diapresiasi sehingga dari beberapa peserta sosialisasi sangat antusias melemparkan pertanyaan - pertanyaan yang menjadikan suasana semakin bersemangat.
Dan pada penghujung acara, sosialisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. (Humas IKP/Cx-one)