Jelang Verifikasi Kabupaten Sehat di Selayar, Semua Tim Diimbau Segera Berbenah

Jelang Verifikasi Kabupaten Sehat di Selayar, Semua Tim Diimbau Segera Berbenah


SELAYAR - Jelang kedatangan tim verifikasi kabupaten sehat dari provinsi Sulawesi Selatan dan tim verifikasi tingkat nasional, jajaran tim pembina kabupaten sehat Kabupaten Kepulauan Selayar melakukan rapt koordinasi di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Jumat (28/12/2018). Rakor tersebut dipimpin oleh Ketua Tim Pembina Kabupaten Sehat Drs. Basok Lewa, yang juga adalah Kepala Bappelitbangda Selayar, didampingi oleh Sekretaris tim pembina dr. Husaini, M. Kes dan Sekretari Forum Kabupaten Sehat Muh. Arsyad, SKM., M.Kes.

Dalam rakor kabupaten sehat ini dihadiri oleh hadiri oleh para pimpinan OPD, mewakili Kapolres Selayar Kompol. Bustan, para camat, kepala desa, dan tim pembina kecamatan sehat.

Baca juga : Pemkab Selayar Terima Penghargaan Swastisaba Kategori Wistara dari Kemenkes RI

 

Agenda rapat membahas terkait persiapan penilaian kabupaten sehat Tahun 2019, khususnya rencana fokus dan lokus verifikasi kabupaten sehat Tahun 2019. Pada rakor itu terungkap bahwa penilaian sedikit berbeda pada penilaian kabupaten sehat sebelumnya. Pasalnya ada beberapa tatanan yang dihapus karena tidak lagi menjadi kewenangan pemerintah daerah, tetapi sudah menjadi kewenangan provinsi. Tatanan dimaksud diantaranya adalah tatanan kawasan hutan dan kawasan pertambangan. Terkait dengan hal tersebut diharapkan tim kecamatan sehat dan pokja desa dapat menambah tatanan yang bisa dilasanakan.

Demikian diungkapkan Ketua Tim Pembina Kabupaten Sehat Drs. Basok Lewa saat menyampaikan arahannya.

Sementara Sekretaris Forum Kabupaten Sehat Kepulauan Selayar Muh. Arsyad sebut bahw tim verifikasi kabupaten sehat Provinsi Sulawesi Selatan dijadwalkan akan melaukan verifikasi pada minggu IV Januari 2019, dan tim verifikasi tingkat nasional dijadwalkan bulan Juni 2019. Oleh tim ini akan melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi lapangan. Olehnya itu Muh. Arsyad mengimbau agar seluruh tim mulai dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten untuk segera berbenah dalam kurung waktu 3 minggu ke depan.

“Persiapkan kelengkapan administrasi, dan lokus tatanan yang diikuti,” kata Muh. Arsyad. (M. YUSRI/IM)

 

 



Berita Populer

Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook