Antisipasi Segala Bentuk ATGH Jelang Pilkada, Kesbangpol Rapat Koordinasi dengan Aparat TNI Polri

Antisipasi Segala Bentuk ATGH Jelang Pilkada, Kesbangpol Rapat Koordinasi dengan Aparat TNI Polri


SELAYAR - Memasuki tahapan pilkada 2020 banyak hal yang harus diantisipasi utamanya bentuk-bentuk ancaman, tantangan, gangguan dan hambatan (ATGH), khususnya yang berpotensi  menggangu jalannya permerintahan dan proses demokrasi pemilukada.  

Hal ini disampaikan oleh Kaban Kesbangpol Kabupaten Kepulauan Ince Rahim, S.Pd., S.H., M.H., pada rapat koordinasi bersama jajaran TNI/Polri di Aula Badan Kesbangpol Senin (10/02/2020). 

Ince Rahim mengatakan upaya deteksi dini, cegah dini dan tangkal dini harus dilakukan oleh semua pihak bersama pemerintah dan aparat keamanan TNI/Polri pada semua tingkatan dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar. 

"Dari hasil rapat yang saya hadiri di Kesbangpol Provinsi terkait perkiraan-perkiraan ancaman menghadapi pilkada serentak tahun 2020 dimana ada beberapa daerah di Sulawesi Selatan yang ikut pilkada, yang harus diantisipasi khususnya daerah yang diperkirakan rawan terhadap ATGH pemilukada," kata Ince.

Analisa Kesbangpol terhadap ATGH antara lain dari aspek penyelenggara, aspek pasangan calon, aspek pemilih, logistik dan aspek media sosial. 

"Dengan memperhatikan semua perkiraan yang potensial menjadi ancaman, tantangan, gangguan dan hambatan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan tahapan pilkada, harus ditangani secara sungguh-sungguh agar tidak berdampak luas pada terganggunya keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Ince Rahim. 
 
Badan kesbangpol kata dia, akan  membuat analisa potensi kerawanan jelang Pilkada. "Kita ketahui bersama bahwa sifat ancaman itu majemuk, fisik, non fisik serta global dan dalam giat politik di daerah jelang pilkada, salah satu pemicu konflik adalah hoaks yang dilakukan oleh orang-orang yang intoleran / anti kemapanan untuk memanaskan suasana politik daerah," ucap Ince Rahim yang ditemui diruang kerjanya usai melakukan rapat kordinasi dengan aparat TNI-POLRI. (Arud)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Dimana anda mencari informasi seputar selayar?
  Langsung dari orang / Warkop dll
  Media cetak / Koran, Majalah dll
  Media elektronik / TV atau Radio
  Media elektronik / Internet

Komentar Terakhir

  • avatar-1

    Harga Postinor

    Program keluarga berencana memang harus disosialisasikan setiap tahun agar masyarakat ...

    View Article
  • avatar-1

    blog netterku

    Trima kasih pak MBA atas perhatiannya kepada msyarakat di Selayar, saya yakin kedepan ...

    View Article
  • avatar-1

    Markus putra

    Entah kenapa model role seperti ini membuat saya ingin mengimplementasikannya dalam ...

    View Article
  • avatar-1

    Siti Aisyah

    Sosialisasi memang sangat penting dan perlu untuk dilaksanakan sebagai pendekatan, dan ...

    View Article