Ada 30 Desa di Daratan Selayar Jadi Sasaran Pendataan Kelistrikan

Ada 30 Desa di Daratan Selayar Jadi Sasaran Pendataan Kelistrikan


KEPULAUAN SELAYAR - Sebanyak 30 desa di daratan pulau besar Selayar akan menjadi sasaran prioritas  pendataan keterlayanan listrik PLN. Hal ini merupakan bagian dari upaya peningkatan Rasio Elektrifikasi (RE) dan pemerataan akses listrik ke seluruh desa di Indonesia melalui program listrik pedesaan. 

Wakil Bupati Selayar Saiful Arif, menyampaikan hal tersebut kepada awak media, Selasa (29-11) malam, melalui komunikasi selulernya. 

Dalam kaitan ini, lanjut wabup, Ditjen Ketenagalistrikan Kementrian ESDM bekerjs sama dengan USAID - SINAR mengembangkan aplikasi mobile berbasis android  KASABELA (Keluarga dan Desa Belum Menyala) yang terintegtasi dengan data base monitoring dan evaluasi Listrik Pedesaan  (Melisa) di Ditjen Ketenagalistrikan. 

Dalam kaitan ini, Ditjen Ketenagalistrikan menurunkan Tim Terpadu untuk melakukan pendataan beranggotakan  12 orang dipimpin Kusuma telah berangkat kemarin malam menuju Selayar papar Wabup yang menyempatkan diri ke Kantor Perwakilan Bus Aneka untuk mendiskusukan hal - hal yang akan melancarkan tugas tim selama di Selayar yang dijadwalkan berlangsung hingga 14 Desember mendatang. 

Dalam rakor persiapan yang dihadiri langsung Wabup Saiful Arif dipimpin Kabid Energi Baru Terbarukan dan Ketenagalistrikan Jamaluddin, ST, M.T. di Kantor  Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Selatan, Makasar Senin (28-11) siang, terungkap bahwa pendataan ini sesungguhnya berasal dari harapan Bappenas untuk melakukan  peningkatan perekonomian dengan didukung penuh ketersediaan pasokan listrik yang Cukup dari pihak PLN. 

Pasalnya, banyak wilayah yang sesungguhnya berpotensi berkembang ekonominya namun terkendala oleh pasokan listrik, termasuk di Selayar, 

Wabup Selayar Saiful Arif memaparkan, salah satu program prioritas pembangunan di Selayar antara lain Pariwisata dan kawasan Industri  Perikanan, namun keduanya tak akan bisa maksimal jika tdk mendapat dukungan liatrik yang cukup. Karena itu, Wabup sangat  berterima kasih atas adanya upaya percepatan ini.  

Kami berharap, agar pihak PLN segera menginfokan kepada kami, rencana jangka pendek, menengah, dan Jangka Panjang, agar tugas dan kewajiban sesuai kewenangan kami, dapat kami laksanakan sejak dini, misalnya persiapan dan kesiapan lahan.

Seusai Rakor, Wabup Saiful Arif yang didampingi Supriadi (Bappelitbangda) dan Ahriani (bag. Ekonomi Setda Kep. Selayar) segera menghubungi Asisten terkait, Ka. Bappelitbangda, Kadis PMD, Kabag Ekonomi dan Pihak Masata, untuk berkordinasi agar tugas team survey Terpadu USAID SINAR dan Kementrian ESDM berjalan lancar. 

Karena hanya 30 desa yang akan dijangkau, maka perlu didata yang prioritas, dengan pertimbangan keterisoliran, belum terjangkau listrik PLN, potensi pengembangan ekonomi,  atau pariwisata, maupun pertanian dan atau perikanan, serta industri Rumah Tangga.Juga pertimbangan aspek pendidikan, kesehatan dan potensi pengembangan ekonomi setempat, pungkas Wabup Saiful Arif. (rls)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Dimana anda mencari informasi seputar selayar?
  Langsung dari orang / Warkop dll
  Media cetak / Koran, Majalah dll
  Media elektronik / TV atau Radio
  Media elektronik / Internet

Komentar Terakhir

  • avatar-1

    Harga Postinor

    Program keluarga berencana memang harus disosialisasikan setiap tahun agar masyarakat ...

    View Article
  • avatar-1

    blog netterku

    Trima kasih pak MBA atas perhatiannya kepada msyarakat di Selayar, saya yakin kedepan ...

    View Article
  • avatar-1

    Markus putra

    Entah kenapa model role seperti ini membuat saya ingin mengimplementasikannya dalam ...

    View Article
  • avatar-1

    Siti Aisyah

    Sosialisasi memang sangat penting dan perlu untuk dilaksanakan sebagai pendekatan, dan ...

    View Article