- Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Tanadoang Tahun 2025
- Pengumuman Hasil Seleksi Terbuka Calon Anggota Dewan Pengawas Perusahaan umum Daerah Tirta Tanadoang Tahun 2025
- Duduk Bersama Ala Prajurit, Dandim 1415/Selayar Bangun Sinergi dengan Jurnalis
- Ranperda Perubahan APBD 2025 Diserahkan Wabup Muhtar pada Rapat Paripurna DPRD Selayar
- Dinkes Selayar Gelar Rakor Pengawasan Iklan dan Mutu Pangan
- Program Stop Stunting di Selayar Dapat Keluhan, Dinkes Koordinasi ke Pihak Penyelenggara Pastikan Perbaikan Menu PMT
- Bupati Natsir Ali Kembali Perjuangkan Kelistrikan, Lakukan Koordinasi dengan PLN Pusat, PLTMG siap dibangun
- Kado Kemerdekaan, Pemkab Selayar Raih Penghargaan Ekonomi Biru dari Gubernur Sulawesi Selatan
- IDI Selayar Bergerak ke Desa, Wabup Muhtar Harap Jadi Program Berkelanjutan
- Kemenag Selayar Gelar Jalan Santai Merdeka, Bupati Natsir Ali Ajak Warga Jaga Persaudaraan
Bidang Humas Diskominfo SP Sosialisasi Kanal Aduan SP4N Lapor di Kecamatan Bontoharu

KEPULAUAN SELAYAR - Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo, SP) Bidang Humas, Informasi dan Komunikasi Publik, kerjasama dengan USAID Erat melakukan sosialisasi terkait kanal aduan online rakyat di Aula Kantor kecamatan Bontoharu, Kamis (31/10/2024).
Kanal pengaduan online yang lebih familiar dikenal dengan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N Lapor) besutan KemenpanRB sudah diluncurkan sejak beberapa tahun lalu.
Hal in dipertegas oleh Kabid Humas IKP Andi Esty Abriany dalam paparannya yang hadir sebagai pemateri.
Baca Lainnya :
- Bidang Humas Diskominfo Kerja Sama Usaid Erat Bimtek Peningkatan Kapasitas PPID0
- Wabup Selayar Bersama Baznas Bantu Pondok Pesantren Darul Ulum Pao Etang0
- 35 Korban Tragedi KM. Lestari Maju Diserahkan ke Pihak Keluarga0
- Balang Butung Cup I Resmi Dibuka, Harapan Wabup Desa Lain dapat Terinspirasi0
- Andi Asling, S. Sos., M.M., Resmi Menjabat Camat Takabonerate0
“Kanal SP4N LAPOR merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat yang dikelola Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) sebagai Pembina Pelayanan Publik,” terangnya.
Dikatakan, dibentuknya SP4N Lapor untuk merealisasikan kebijakan yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan, aspirasi, serta permintaan informasi dari manapun dan jenis apapun yang akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menanganinya.
Hal senada diungkapkan juga oleh fasilitator USAID ERAT Baharuddin Solongi, bahwa SP4N Lapor merupakan suatu wadah dalam menyampaikan baik itu bersifat aduan, aspirasi, maupun permintaan informasi yang dibutuhkan terkait layanan publik, sebagai sebuah aplikasi layanan aduan resmi dari pemerintah.
“Saya berharap dengan sosialisasi ini para peserta yang sempat hadir dalam acara ini lebih mengerti adanya satu saluran penyampaian pengaduan masyarakat, terkait pelayanan publik, serta dapat meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Kepulauan Selayar,” ucap Baharuddin.
Sosialisasi SP4N Lapor ini disambut baik dan diapresiasi sehingga dari beberapa peserta sosialisasi sangat antusias melemparkan pertanyaan - pertanyaan yang menjadikan suasana semakin bersemangat.
Dan pada penghujung acara, sosialisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. (Humas IKP/Cx-one)
