Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H : Terwujudnya Masyarakat Maritim Yang Sejahtera Adalah Harga Mati di Tahun 2021

Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H : Terwujudnya Masyarakat Maritim Yang Sejahtera Adalah Harga Mati di Tahun 2021


SELAYAR - Kepemimpinan H. Muh. Basli Ali bersama Dr. H. Zainuddin, S.H, M.H., sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar periode 2016-2021 sudah berjalan 3 tahun lebih, yang mengembang visi "Terwujudnya Masyarakat Maritim Yang Sejahtera Berbasis Nilai Keagamaan dan Budaya". 

Dalam visi tersebut terdapat dua variabel di dalamnya, yakni variabel hasil, yaitu masyarakat maritim yang sejahtera, dan variabel proses yang basisnya nilai agama dan budaya. Demikian dikemukakan oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., pada jumpa pers yang diselenggarakan oleh Bagian Humas dan Protokol di Bamboo Coffee Balang Sembo Kelurahan Putabangun, Selasa (19/3/2019). 

Dalam jumpa pers itu mengusung tema "Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun Anggaran 2016 - 2019, Bidang pendidikan dan Kebudayaan, bidang kepemudaan dan Olahraga, serta Bidang Kesbangpol".

"Masyarakat maritim yang sejahtera, adalah harga mati pada Tanggal 17 Februari 2021. Inilah yang akan kita capai di akhir kepemimpinan Basli Ali - Zainuddin," tegas Zainuddin. 

Lanjut Wabup ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk mencapai masyarakat maritim yang sejahtera, baik itu dari segi kesehatan, pendidikan, ekonomi, keamanan, dan kriteria lainnya. 

Jumpa pers yang dipandu oleh Kabag Humas dan Protokol Sitti Rahmania, S.H., menghadirkan 3 narasumber, masing-masing Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Mustakim KR, M.M., M.Pd, Kadis Kepemudaan dan Olahraga Drs. Ahmad Ansar, M.Si, serta Kepala Badan Kesbang dan Politik Ince Rahim, S.Pd., S.H., M.H.,. Hadir pula Kepala Bappelitbangda Drs. H. Basok Lewa, Inspektur Kabupaten Ar. Krg Magassing, S.H., M.H., Asisten Ekbang dan Kesejahteraan Ir H. Arfang Arif, Asisten Administrasi Drs. Dahlul Malik, M.H., serta Kadis Tata Ruang dan Pemukiman Ir. Amirullah bersama para awak media dan undangan lainnya. 


Dari tiga narasumber yang hadir memaparkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah Kabupaten Kepulauan Selayar dalam 3 tahun terakhir. Khususnya menyangkut bidang pendidikan dan Kebudayaan, bidang kepemudaan dan Olahraga, serta Bidang Kesbangpol. 

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar Drs. Mustakim KR, M.M., M.Pd dalam paparannya menyebut ada 5 program utama pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam mendukung terwujudnya masyarakat maritim yang sejahtera. Program dimaksud masing-masing adalah program pengentasan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, program peningkatan mutu pendidikan, program peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, program peningkatan mutu pendidikan non formal, serta program pengembangan nilai budaya. 

Kendati demikian Mustakim mengatakan lima program utama itu kemudian dikembangkan menjadi beberapa kegiatan pada pada Lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Sementara pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga sejauh ini tengah konsen dalam program kegiatan yang dibagi dalam dua kategori khususnya yang terkait dengan peningkatan peran kepemudaan, serta pengembangan pemberdayaan olahraga dan dan peningkatan prestasi. Demikian Kadispora Kepulauan Selayar Ahmad Ansar saat menyampaikan materinya. 

Menyusul Kaban Kesbangpol Ince Rahim juga memaparkan materinya khususnya menyangkut bidang tugasnya dalam membantu pemerintah daerah dan pusat dalam menciptakan stabilitas politik dan keamanan masyarakat. 

Ince Rahim mengatakan akan mengolah setiap informasi yang berkembang di masyarakat. "Kesbangpol harus dua kali lebih kuat dalam menelusuri informasi yang berkembang di masyarakat sampai ke pedesaan, terlebih keterbukaan informasi melalui medsos yang kadang-kadang ada informasi yang layak dipercaya dan juga kadang ada yang tidak layak dipercaya," ucap Ince Rahim. 

Menurut Ince Rahim program apa saja yang dijalankan oleh pemerintah daerah kalau stabilitas keamanan terganggu, tidak akan ada yang bisa kita perbuat. 

"Olehnya itu kami di Kesbangpol terus mengantisipasi informasi-informasi yang ada dan mengolah kebenarannya," terangnya. 

Ince Rahim menyampaikan sejumlah hal yang sangat prinsip terkait dengan stabilitas politik, terlebih tahun ini merupakan tahun politik. Bahkan pada tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar telah mengeluarkan tiga surat keputusan penting dalam rangka antisipasi situasi politik daerah. 

Surat keputusan itu lanjutnya masing-masing adalah surat keputusan tentang pembentukan tim pemantau situasi politik daerah menjelang pemilu legislatif dan pilpres, surat keputusan tentang pembentukan tim kewaspadaan dini daerah, serta surat keputusan tentang pembentukan penanganan konflik sosial. (HUMAS/IM) 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Dimana anda mencari informasi seputar selayar?
  Langsung dari orang / Warkop dll
  Media cetak / Koran, Majalah dll
  Media elektronik / TV atau Radio
  Media elektronik / Internet

Komentar Terakhir

  • avatar-1

    Harga Postinor

    Program keluarga berencana memang harus disosialisasikan setiap tahun agar masyarakat ...

    View Article
  • avatar-1

    blog netterku

    Trima kasih pak MBA atas perhatiannya kepada msyarakat di Selayar, saya yakin kedepan ...

    View Article
  • avatar-1

    Markus putra

    Entah kenapa model role seperti ini membuat saya ingin mengimplementasikannya dalam ...

    View Article
  • avatar-1

    Siti Aisyah

    Sosialisasi memang sangat penting dan perlu untuk dilaksanakan sebagai pendekatan, dan ...

    View Article