- Selayar Siap Gaet Wisatawan Lewat Event Sport Tourism: Bupati Gelar Pertemuan Stakeholder Pariwisata
- Bupati Natsir Ali Tak Sekadar Bicara: Keliling Koordinasi dan Pulang Bawa Hasil Nyata
- Rapat Persiapan HUT RI, Sekda Mesdiyono Minta Koordinasi dan Tanggung Jawab Diperkuat
- Sarana Instropeksi : Dinas Bukan Ajang Menjatuhkan, Tapi Rumah Besar Sebuah Tim
- Car Free Day Dilaunching, UMKM Lokal Selayar Dapat Panggung Setiap Minggu
- Bank Sulselbar Dukung Digitalisasi UMKM di Car Free Day Selayar Lewat QRIS
- UMKM Ramaikan Malam Menjelang Launching Car Free Day di Selayar
- Optimalisasi PAD, Bupati Natsir Ali Hadiri Rakor di Rujab Gubernur Sulsel
- Pisah Sambut Dandim dan Kapolres Selayar, Bupati Natsir Ali Titip Doa Jadi Jenderal
- Yanti Rahmawati Gaungkan Kerajinan Lokal Selayar di HUT Dekranas 2025 Balikpapan
Humas Diskominfo bersama USAID ERAT Kenalkan Aplikasi SP4N LAPOR! pada Warga Desa Bontosunggu Selayar

KEPULAUAN SELAYAR - Bidang Humas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kepulauan Selayar kerjasama USAID ERAT menggelar sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat ( SP4N – LAPOR!) di Desa Bontosunggu Kecamatan Bontoharu, Kamis (10/10/2024)
Sosialisasi tersebut digelar dalam Kegiatan Literasi dan Inklusif Keuangan yang gelar oleh Bank Sulselbar Cabang Kepulauan Selayar kepada Ratusan Peserta yang terdiri dari para pelaku UMKM dan Nelayan didesa setempat.
Kabid Humas Andi Sandra Esty Abriany selaku narasumber menyampaikan bahwa sosialisasi SP4N-LAPOR! ini untuk mengenalkan kepada aparat desa dan masyarakat adanya aplikasi resmi pengelolaan pengaduan pelayanan publik.
Baca Lainnya :
- Pemkab Kepulauan Selayar Peringati Hari Anti Narkotika Internasional 0
- Dinsos Selayar Salurkan Paket Sembako Bantuan CSR dari BRI0
- Diskominfo SP Kerja Sama USAID Erat Bangun Simpul Layanan Publik Melalui SP4N Lapor0
- Wabup Kepulauan Selayar : Mari Kita Jadikan Narkoba Sebagai Musuh Bersama0
- Bupati dan OPD Terkait Hadiri Rakor Lintas Sektoral Ops Terpusat Ketupat 2024 di Polres Selayar0
"Dengan adanya Aplikasi SPAN LAPOR! diharapkan masyarakat tidak lagi menggunakan sarana media sosial untuk menyampaikan laporan, kritikan atau masukan kepada pemerintah," ucapnya
Kabid Hunas menambahkan, Pelaporan masyarakat melalui SP4N LAPOR! dijamin akan langsung ditanggapi oleh pihak terkait atau instansi berwenang, "sangat jauh berbeda jika pelaporan itu disampaikan melalui media sosial, penanganannya bisa saja tidak sampai kepihak yang dituju." tambahya
Penerapan sistem SP4N LAPOR! tentunya ini merupakan komitmen pemerintah dareah dalam memberikan ruang dan menjamin hak seluruh masyarakat untuk berkontribusi terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan mendapatkan pelayanan publik yang berkualitas dan transparan.
Pelaporan masyarakat melalui SP4N LAPOR! ini akan terkoneksi langsung dengan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB).
Andi Esty berharap pasca sosialisasi ini warga desa Bontosunggu akan termotivasi untuk mengambil peran dan lebih aktif berpartisipasi dalam menggunakan SP4N-Lapor.
Fasilitator USAID ERAT Baharuddin Pasolong menambahkan Sistem SP4N LAPOR! memungkinkan warga untuk melaporkan berbagai permasalahan dalam penyelenggaran pemeritahan.
"Masyarakat tidak hanya dapat melaporkan masalah yang mereka hadapi dan temui tetapi juga memantau perkembangan penanganan laporannya secara langsung" jelasnya
Selain sebagai layanan aduan, SP4N LAPOR! ini juga berfungsi untuk meningkatkan partisipasi publik atau masyarakat dalam pengambilan kebijakan, karena sistem ini selain sebagai saluran untuk mengadu persoalan layanan publik, warga juga bisa memberikan usulan atau aspirasi.
Dalam kesempatan ini, dibuka sesi diskusi dan paparan secara teknis tata cara pelaporan menggunakan Aplikasi SP4N LAPOR!. (HUMAS-IC)
