Mahasiswa Unhas Makassar Laksanakan Program Bina Desa di Selayar

Mahasiswa Unhas Makassar Laksanakan Program Bina Desa di Selayar


kepulauanselayarkab.go.id - Mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar melaksanakan program bina desa di Kabupaten Kepulauan Selayar selama 3 hari, yakni 24-26 November 2018. Rombongan mahasiswa tersebut yang dipimpin oleh Wakil Rektor Unhas Dr. Ir. Abdul Rasyid Jalil, M.Si didampingi oleh ketua tim bina desa Prof. Dr. Ir. Jasmal A. Syamsu, M.Si, bersama sejumlah wakil dekan dan dosen pendamping, dengan total peserta sebanyak 52 orang.

Kedatangannya disambut oleh Sekretaris daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si, di Ruang Rapat Pimpinan Bupati, Jumat (24/11/2017). Pada kesempatan itu hadir Kepala Dinas Kelautan Perikanan Ir. Makkawaru bersama Kabag. Umum dan Perlengkapan Andi Imran, S. Sos.

Sekda Kabupaten Kepulauan Selayar Marjani Sultan mengucapkan terima kasih dengan memilih Selayar sebagai lokasi program bina desa. Marjani sultan berharap, program bina desa ini dapat diterapkan dan dapat menyebarluaskan ilmu pengetahuan, dan teknologi bagi kemaslahatan masyarakat selayar.

Disamping melaksanakan program kerja Unhas, Sekda juga mengajak kepada rombongan mahasiswa untuk datang berkunjung ke sejumlah tempat-tempat wisata di daerah ini. Ia juga sedikit menggambarkan profil singkat tentang Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sementara ketua tim program bina desa Unhas Prof. Dr. Ir. Jasmal A. Syamsu, M.Si menyebut bahwa program itu adalah program kerja rutin tahunan bidang kemahasiswaan dan alumni Unhas.

“Tahun 2016 lalu kami laksanakan di Kabupaten Bone, dan tahun ini program bina desa kami pilih di Kabupaten Kepulauan Selayar dalam rangka Hari Jadi ke-412 Selayar,” kata Jasmal A. Syamsu.

Jasmal A. Syamsu mengemukakan bahwa ada 4 tujuan dari bina desa ini, diantaranya ia sebut adalah menerapkan teknologi tepat guna dalam tim kerja yang bersifat interdisipliner. Selain itu katanya membantu mengatasi permasalahan masyarakat dalam pengembangan ekonomi, kesehatan, kehidupan kemasyarakatan, serta lingkungan yang dihadapi masyarakat desa melalui upaya peningkatan kesadaran, wawasan/pengetahuan dan keterampilan.

Masih keterangan dari ketua tim bina desa, bahwa sejumlah kegiatan akan dilaksanakan yaitu teknik transplantasi terumbu karang, demonstrasi konversi BBM ke BBG untuk mesin perahu nelayan. Selain itu bimbingan teknis pemeliharaan kambing, pelayanan kesehatan gigi, pemeriksaan dan pengobatan masyarakat, serta demonstrasi hidroponik sayuran di rumah tangga. (Firman)



Berita Populer

Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook