Wabup Kepulauan Selayar Buka Rapat Gelar Pengawasan Daerah

Wabup Kepulauan Selayar Buka Rapat Gelar Pengawasan Daerah


SELAYAR - Rapat Gelar Pengawasan Daerah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2018 berlangsung di ruang pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Selasa (18/12/2018).

Rapat gelar pengawsan daerah yang diselenggarakan oleh Inspektorat Kabupaten dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kepulauan selayar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., yang ditandai dengan soft launching aplikasi Siladus. 

Selain Inspektur Kabupaten, dihadiri oleh Inspektur Pembantu Wilayah IV Inpektorat Provinsi Sulawesi Selatan, para Asisten, unsur forkopimda, dan para pimpinan OPD, para Kepala Bagian Setda, camat, lurah, kepala desa, serta para bendahara se-Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., menyerahkan plakat dan piagam OPD dan Desa, yan dinilai berprestasi dalam hal pengelolaan keuangan. Masing-masing adalah Desa Batang, Desa Latondu, Desa Kalepadang, Desa Barat Lambongan, Desa Kaburu dan Desa Bukit Timur. Sementara dari OPD masing-masing adalah Badan Kesbangpol, BKPPD, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB).

Dalam sambutannya Wakil Bupati mengemukakan bahwa secara popular bahwa pengawasan itu dikonotasikan sebagai proses kegiatan untuk mencocokkan apakan penyelanggaraan pemerintahan itu telah berlangsung sesuai dengan rencana dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Berbicara mengenai pengawasan, maka dia adalah bagian yang integral dari fungsi managemen di samping fungsi-fungsi lainnya. Pengawasan memiliki urgensi yang tinggi terutama dalam sebuah proses pencapaian tujuan. Jadi pengawasan itu hadir bukan berarti tidak percaya kepada penyelanggara negara. Tetapi kita hanya ingin memastikan bahwa perilaku kita sebagai insan pemerintah sudah berjalan di atas rel yang tidak putus,” kata Zainuddin.

Wabup mengatakan bahwa out put yang diharapkan dalam organisasi pemerintah melalui pengawasan itu adalah proses pencapaian tujuan berlangsung dengan efisien, efektif, dan produktif.

Sementara Inspektur Kabupaten AR. Krg. Magassing menyebut bahwa pada Tahun Anggaran 2018, Inspektorat Kabupaten telah menyelenggarakan beberapa program pengawasan sebagai upaya mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK RI. 

Sekadar diinfokan bahwa pada rapat gelar pengawasan daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan memaparkan materi “Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang Ekonomis, Efisien dan Efektif melalui Efektifitas Sistem Pengendalian Intern”. (IM)
 
 


Berita Populer

Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook