Peringatan HKSN di Selayar Dirangkaikan dengan Upacara Hari Bela Negara dan Hari Kesadaran Nasional

Peringatan HKSN di Selayar Dirangkaikan dengan Upacara Hari Bela Negara dan Hari Kesadaran Nasional


SELAYAR - Upacara Bendera peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke-60 tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar, berlangsung di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Kamis (20/12/2018) pagi. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., dengan Perwira Upacara Pelda Marwan dan Komandan Upacara Lettu Inf. Zainuddin dari Kodim 1415 Selayar.

Dalam upacara tersebut dirangkaikan 3 kegiatan sekaligus, yakni upacara Hari Bela Negara ke-70 dan Hari Kesadaran Nasional Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar.

Dalam upacara ini diisi dengan penyerahan pengoperasian bus sekolah oleh Wakil Bupati kepada Kadis Perhubungan Andi Baso, S.H., M.H., serta penyerahan bantuan sembako secara simbolis kepada klien LK3.

Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ini mengangkat tema “Memperkuat Kesetiakawanan Sosial untuk Mewujudkan Kesejahteraan Sosial”. Wabup mengatakan bahwa tema tersebut mengandung pesan yakni kita harus mewujudkan kesejahteraan sosial sebagai kondisi terpenuhnya kebutuhan material, spiritual, dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya. Selanjutnya harus memperkuat kesetiakawanan sosial untuk mewujudkan kesejahteraan sosial tersebut. Demikian Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., saat membacakan amanatnya.

Wakil bupati mengemukakan bahwa dalam konteks pembangunan di Kabupaten Kepulauan Selayar, semangat HKSN terwujud dalam program/kegiatan prioritas/strategis, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Dari program prioritas tersebut diharapkan mampu mengentaskan kemiskinan, dan membuka lapangan kerja agar cita-cita HKSN dapat terwujud,” kata Zainuddin. 

Wabup sebut bahwa kesejahteraan sosial sebagai suatu kondisi harus dipandang sebagai hak dan tanggung jawab setiap warga masyarakat untuk mewujudkannya. Hanya saja kata Wabup dalam kehidupan bermasyarakat ada yang kurang beruntung untuk mencapai kesejahteraan sosial akibat berbagai hambatan dan kesulitan.

“Karenanya kesejahteraan sosial menjadi kewajiban sektor pelayanan publik, sektor masyarakat, maupun sektor private untuk berupaya mewujudkannya,” terangnya.

Dalam upacara tersebut Wabup juga membacakan amanat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, terkait dengan pelaksanaan peringatan Hari Bela Negara. (IM)
 
 
 


Berita Populer

Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook