Buka Bursa Inovasi Desa, Begini Harapan dan Arahan Sekda Kepulauan Selayar

Buka Bursa Inovasi Desa, Begini Harapan dan Arahan Sekda Kepulauan Selayar


kepulauanselayarkab.go.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si secara resmi membuka pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Rabu (20/12/2017). Pembukaan BID tersebut ditandai dengan penabuhan gendang oleh Sekda di dampingi oleh Dandim 1415 Kepulauan Selayar Letkol Arm Yuwono, S. Sos., M.M., yang mewakili Kajari dan plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Andi Irsan, S. STP.

Kegiatan yang dilaksanakan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kepulauan Selayar dihadiri oleh sejumlah unsur Forkopimda, Asisten Pemerintahan Drs. Andi Rahman, bersama para pimpinan OPD lainnya dan camat.

Sementara peserta Bursa Inovasi Desa itu sebanyak 319 orang yang terdiri dari utusan masing-masing desa sebanyak 3 orang terdiri dari masing-masing Kepala Desa, Ketua BPD dan tokoh masyarakat. Selain itu juga terdapat tim inovasi desa tingkat kecamatan sebanyak 4 orang yang terdiri dari ketua, sekretaris dan 2 orang anggota.

Sekda Kepulauan Selayar Marjani Sultan dalam sambutannya menaruh harapan besar kepada seluruh peserta agar bersungguh-sungguh mencermati berbagai kegiatan yang ditampilkan pada menu bursa untuk dapat direplikasi oleh desa sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing desa. Dikatakan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar berusaha melaksanakan pembangunan secara sistematis, terencana dan berkelanjutan dengan 3 program prioritas pembangunan. Program prioritas dimaksud adalah percepatan pembangunan infrastruktur, pengembangan kawasan perikanan terpadu, dan pengembangan dan pembangunan pariwisata berkelanjutan.

Sekda mengemukakan program bursa inovasi desa merupakan salah satu upaya kementerian desa-desa dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di daerah pedesaan melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dan strategis. Selain itu katanya sebagai pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan khusus dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan SDM, pelayanan sosial dasar dan infrastruktur desa.

“Tujuan pelaksanaan program inovasi desa ini adalah meningkatkan kualitas penggunaan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa. Ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas,” terang Sekda Selayar.

Mengakhiri sambutannya, Sekda berpesan kepada seluruh pemerintah desa agar senantiasa berkoordinasi dengan pendamping profesional dan OPD terkait, sebagai jembatan menuju pemahaman yang lebih baik untuk kemajuan desa-desa dan SDM yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sementara plt Kadis PMD Andi Irsan, S. STP berharap, dengan terselanggaranya program Bursa Inovasi Desa dapat terbangun komitmen replikasi, serta menjaring inovasi yang belum terdokumentasi, dan membagi informasi penyedia jasa layanan teknis. (Firman)


Berita Populer

Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook