Pemkab Kepulauan Selayar Peringati Puncak Hari Jadi ke-412 Selayar

Pemkab Kepulauan Selayar Peringati Puncak Hari Jadi ke-412 Selayar


kepulauansleyarkab.go.id - Puncak peringatan Hari Jadi ke-412 Selayar dilaksanakan di Lapangan Pemuda Benteng, Rabu (29/11/2017). Peringatan Hari Jadi Selayar dihadiri oleh staf khusus Wakil Presiden RI Alwi Hamu, bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan Ir. Sulkaf S Latif mewakili Gubernur, Kepala Badan Riset dan SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan, Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., Wakil Bupati Konawe, Ketua DPRD Selayar, Direktur Kodiklat TNI AL, Asisten Deputi Kementerian Pariwisata RI, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kepulauan Selayar, Sekda Selayar bersama para Pengurus Permas dan KKBS serta seluruh undangan lainnya.

Sebelum acara dimulai, diawali dengan pertunjukan ragam pesona permainan rakyat Tanadoang, serta menampilkan karnaval budaya dari Kecamatan Benteng, Kecamatan Bontomatene, dan Kecamatan Pasimasunggu. Karnaval budaya dari tiga kecamatan ini sengaja ditampilkan karena telah berhasil menjuarai lomba karnaval budaya yang dilaksanakan sehari sebelum puncak peringatan Hari Jadi Selayar.

Dalam laporannya, Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali mengatakan, peringatan Hari jadi ke-412 Selayar mempunyai makna tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat Selayar. Pasalnya sudah merupakan peringatan hari jadi di tahun kedua kepemimpinan Muh. Basli Ali-Zainuddin.

“Secara filosofis sedikitnya ada 3 makna yang dapat kita jadikan sebagai spirit dan motivasi dalam membangun dan memajukan Kabupaten Kepulauan Selayar ke depan. Hari Jadi Selayar merupakan momentum konsolidasi segenap potensi dan sumber daya dalam rangka akselerasi menuju arah masa depan Kabupaten Kepulauan Selayar 4 tahun ke depan. Hari jadi ini juga merupakan momentum “Sikanakkukang, Sikarannuang,” sebagai suatu kekuatan, serta merupakan instrospeksi terhadap berbagai hal yang telah dilaksanakan,” kata Bupati Kepulauan Selayar.

Pada kesempatan itu, Bupati Kepulauan Selayar memaparkan sejumlah prestasi yang berhasil diraih dalam kurung waktu 2 tahun kepemimpinannya.

Sementara staf khusus Wakil Presiden RI Alwi Hamu menilai Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan suatu daerah yang sangat potensial untuk dijadikan sebagai destinasi pariwisata.

“Selayar merupakan kebanggaan kita untuk dijadikan tempat kunjungan wisata. Terlebih Selayar yang berbentuk kepulauan yang memiliki wilayah laut yang sangat luas ini sangat potensial untk dikembangkan di bidang perikanan,” kata Alwi Hamu.

Membacakan sambutan tertulis Gubernur Sulsel, Kepala DKP Sulsel Ir. Sulkaf S Latif mengatakan peringatan hari jadi akan mengandung makna apabila telah memberikan manfaat guna perbaikan di masa datang. Pada dasarnya peringatan hari jadi merupakan momentum evaluasi yang telah dilaksanakan terhadap penyelenggaraan pemerintahan pembangunan.

“Kepada  segenap jajaran aparatur pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat, saya menaruh harapan besar atas akselerasi-akselerasi pembangunan diberbagai sektor kehidupan, untuk mengakat tatanan kehidupan yang lebih baik,” kata Kepala DKP Sulsel Ir. Sulkaf S Latif.

Pada momentum Peringatan Hari Jadi ke-412 Selayar itu diwarnai dengan peresmian sejumlah proyek-proyek pembangunan Kabupaten Kepulauan Selayar TA 2017 yang ditandai dengan penandatanganan prasasti. Selain itu juga penyerahan bantuan-bantuan dari PLN Sulselrabar, PT. Telkom, Bank Sulselbar bersama sejumlah bantuan dan kerjasama lainnya.

Pada kesempatan Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Ir. H. Marjani Sultan, M.Si membacakan sejarah singkat Hari Jadi Selayar. Sementara pembacaan doa mengakhiri puncak peringatan Hari jadi ke-412 Selayar yang dibawakan oleh Kh. Muchtar Adam, pimpinan Pondok Pesantren Babussalam Bandung. (Firman)


Berita Populer

Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook