Pemda Kepulauan Selayar Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

Pemda Kepulauan Selayar Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan


kepulauanselayarkab.go.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si membuka secara resmi sosialisasi dan pemantapan wawasan kebangsaan bagi pejabat struktural lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, di Ruang Pola Kantor Bupati, Selasa (7/11/2017). Sosialisasi tersebut diikuti oleh para pimpinan OPD dengan pemateri Dandim 1415 Kepulauan Selayar Letkol Arm Yuwono, S. Sos., M.M.

Kegiatan yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, terpantau peserta sangat antusias mengikuti acara tersebut.

Dalam sambutan pembukanya, Sekda Kepulauan Selayar Marjani Sultan menyebut bahwa sosialisasi wawasan kebangsaan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para pejabat struktural lingkup Pemda Kepulauan Selayar agar mempunyai pengetahuan tentang wawasan kebangsaan, sikap, mental dan kecintaan terhadap NKRI.

“Mari kita mengikuti sosialisasi ini dengan baik agar kita dapat mengetahui, memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika,” kata Marjani Sultan.

Dandim 1415 Kepulauan Selayar Letkol Arm Yuwono, S. Sos., M.M., dalam materi pembukanya mengatakan wawasan kebangsaan merupakan suatu hal yang sangat penting dipahami oleh seluruh elemen masyarakat, termasuk para pejabat struktural lingkup Pemda Kepulauan Selayar.

“Bangsa Indonesia dengan beragam suku akan menjadi potensi konflik, yang seharusnya keberagaman itu menjadi pemersatu bangsa,” kata Dandim 1415 Kepulauan Selayar.

Menurut Dandim, bangsa Indonesia harus mewaspadai ancaman bangsa-bangsa lain dari segala aspek kehidupan. Diperkirakan NKRI akan menjadi negara adikuasa yang memungkinkan negara-negara luar tidak ridho akan potensi NKRI menjadi sebuah negara besar. Olehnya itu Letkol Arm Yuwono, S. Sos., M.M., mengimbau seluruh komponen masyarakat bersama TNI harus mewaspadai segala ancaman yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Di sisi lain Dandim juga mengingatkan bahwa selain ancaman dari luar, bangsa Indonesia juga harus mewaspadai segala bentuk ancaman dari dalam negeri sendiri. Salah satu diantaranya adalah bahaya latem komunis.

“Ingat partai komunis itu telah dihapus dan dilarang di Indonesia, namun paham komunis tidak pernah mati, dan ini harus kita waspadai dan kita musnahkan,” pinta Dandim 1415 Kepulauan Selayar.

Sosialisasi wawasan kebangsaan yang berlangsung tidak kurang dari dua jam ini diakhiri dengan tanya jawab dari peserta dan pemateri, serta ditutup kembali oleh Sekda Kepulauan Selayar. (FIRMAN)

 



Berita Populer

Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook