Launching Penjualan Perdana Sampah Plastik, Ini Pesan Bupati Kepulauan Selayar

Launching Penjualan Perdana Sampah Plastik, Ini Pesan Bupati Kepulauan Selayar


kepulauanselayarkab.go.id - Sebagai konsekwensi dari pertumbuhan penduduk,  pasti terjadi peningkatan volume sampah. Apalagi Selayar mengembangan sector kelautan dan perikanan serta pariwisata. Yang menjadi   persoalan kita adalah sampah. Apalagi setiap tahun ada sampah kiriman. Persoalan sampah  bukan hanya  terjadi di Ibukota tapi sudah sampai di desa - desa. Olehnya itu perlu keterlibatan semua stake holder dalam penanganan sampah. Demikian sambutan Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali pada Launching Penjualan Perdana Sampah Plastik 2018 di Bank Sampah Bonea. Rabu 21 -2 – 2018 Siang.

Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali mengatakan sampah menjadi permasalahan yang kompleks sehingga perlu penanganan terpadu mulai dari hulu sampai hilir. Namun yang lebih penting adalah prilaku masyarakat. Pengelolaan sampah sudah berjalan dengan baik. Program  ini dapat memberi manfaat kepada masyarakat. Oleh karena itu perlu diketahui oleh masyarakat. Ada strategi khusus yang diterapkan sehingga masyarakat dengan sendirinya dapat memilah sampahnya bahkan kalau perlu sudah ada daftar harga bagi mereka

Dikatakannya disetiap lingkungan sudah ada perpanjangan tangan dari  Bank sampah. Dengan tersedianya Bank sampah di tiap lingkungan maka masyarakat akan memilah sampahnya untuk dijual. Bupati berharap agar setelah acara ini dapat ditindak lanjuti  sehingga masyarakat kita dapat menambah penghasilan mereka demi untuk kesejahteraannya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Kepulauan Selayar Ir. Nur Kamar MM melaporkan. Tentang  upaya penanganan sampah yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan mulai dari sosialisasi ke masyarakat, Bantuan mesin jahit, Pelatihan manajemen persampahan mulai dari hulu ke hilir  dan pendirian Bank sampah.

 Pendirian Bank sampah sebagai bentuk keprihatinan pemerintah dengan banyaknya produksi sampah. Masyarakat dapat bermitra dengan Bank sampah.  Karena dengan bermitra dapat mengurangi volume sampah.

Saat ini Bank sampah sudah mempunyai 405 nasabah. Juga telah dibuka Call center pengaduan bagi masyarakat bahkan seluruh pegawai Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta tenaga kebersihan telah diasuransikan. (Slw) 


Berita Populer

Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook