Kepala Balai TNTB Dianugerahi Gelar Adat "Mbo Pote"

Kepala Balai TNTB Dianugerahi Gelar Adat "Mbo Pote"


kepulauanselayarkab.go.id - Salah satu rangkaian pembukaan acara festival Bajau di Hall Royal Rayhan Resto, Ahad malam (22/10/2017) adalah pemberian gelar adat oleh suku Bajau kepada Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate (TNTB) Kepulauan Selayar Ir. Jusman. Penganugerahan gelar adat ini diprakarsai oleh Direktur Eksekutif Same Sulaya Indonesia Muh. Yakub bersama kerukunan keluarga Bajau yang ditandai dengan pemasangan Sigara oleh Presiden Kerukunan Keluarga Bajau Dr. Ir. Abdul Manan, M.Sc.

Dari keterangan singkat Direktur Same Sulaya Indonesia Muh. Yakub bahwa penganugerahan gelar adat tersebut karena Kepala Balai Taman Nasional Ir. Jusman dinilai sangat berjasa pada pemberdayaan dan pembinaan terhadap genarsi-genarasi suku Bajau. “Makanya gelar Mbo Pote ini kami anugerahkan kepada beliau,” jelas Muh. Yakub.

Menurut Muh. Yakub, Mbo Pote itu adalah orang suku Bajau pertama yang mendiami Pulau Pasitallu Timur yang juga diyakini oleh masyarakat lokal sebagai orang Bajau pertama yang mendiami Kawasan Taka Bonerate.

Berita terkait : Festival Bajau Resmi Dibuka, Wabup Kepulauan Selayar Semangati Direktur Eksekutif Same Sulaya Indonesia

“Masyarakat lokal menilai Mbo Pote sangat berjasa terhadap upaya konsevasi, dan mengatur suku Bajau agar menggunakan alat tangkap ramah lingkungan,” kata Muh. Yakub.

Sementara Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate Ir. Jusman mengemukakan sebagai bentuk penghargaan kepada seluruh masyarakat Bajau di Seluruh Indonesia, maka ia bersedia menerima pengenugerahan gelar adat tersebut. (FIRMAN)



Berita Populer

Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook