Kapolres Kepulauan Selayar Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-72

Kapolres Kepulauan Selayar Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-72


kepulauanselayarkab.go.id - Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-72 tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar bertempat di Lapangan Upacara Kantor Bupati Selayar, Jumat (10/11/2017). Bertindak sebagai inspektur Upacara adalah Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Syamsu Ridwan, S.IK yang sekaligus membacakan amanat Menteri Sosial RI. 

Hadir para Asisten Setda, jajaran Forkopimda, para pimpinan OPD, dan keluarga pahlawan, serta undangan lainnya. Sementara peserta upacara terdiri dari unsur TNI Polri, Satpol PP Damkar, unsur Korpri, PNS lingkup Pemda Selayar, PMI, Siswa Sekolah, anggota pramuka bersama satu kelompok drumb band. 

Dalam upacara tersebut, inspektur upacara Kapolres Kepulauan Selayar didampingi oleh Kadis Sosial H. Rustam Noor menyerahkan bingkisan berupa uang saku kepada keluarga pahlawan. 

Amanat Menteri Sosial RI yang dibacakan oleh Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Syamsu Ridwan, S.IK mengatakan para pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita. Pesan itu bermakna setelah kemerdekaan itu diraih, maka tahapan selanjutnya kita harus bersatu agar bisa memasuki tahapan bernegara yang berdaulat, adil, dan makmur. 

"Dari pesan fundamental itulah maka peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017, kita mengambil tema Memperkokoh Persatuan Membangun Negeri. Apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa, maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia," kata AKBP Syamsu Ridwan, S.IK. 

Masih amanat tertulis Menteri Sosial RI, bahwa bukan sebuah kebetulan tanpa penghayatan dan pemikiran yang mendalam ketika para pendiri republik menempatkan Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai sila pertama Pancasila. Hal ini mengingat bahwa hanya dengan hadirnya spiritualitas diri dalam jiwa sebuah masyarakat, dengan iman kepada Allah Yang Maha Kuasa, tiap-tiap orang rela mengorbankan dan memberi hidup dan jiwanya untuk tujuan kehidupan bersama. 

Di akhir amanatnya, Menteri Sosial RI mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, lingkungan, masyarakat, maupun pahlawan bagi negeri ini, sembari mengucapkan selamat hari pahlawan. 

Sekadar diinfokan, bahwa usai upacara di halaman Kantor Bupati Kepulauan Selayar, dilanjutkan dengan upacara ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Barugaiya dengan Inspektur Upacara Kasdim 1415 Selayar Mayor Inf. Junaid. Selanjutnya upacara tabur bunga di Pelabuhan Rauf Rahman Benteng dengan Inspektur Upacara Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Syamsu Ridwan, S.IK. (FIRMAN) 


Berita Populer

Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook