Kabupaten Kepulauan Selayar Sukses Raih WTP

Kabupaten Kepulauan Selayar Sukses Raih WTP


kepulauanselayarkab.go.id - BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan akhirnya memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun Anggaran 2016. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Sulawesi Selatan Endang Tuti Kardiani saat penyerahan Hasil Pemeriksaan BPK Atas LKPD Kabupaten Kepulauan Selayar, bertempat di Aula Kantor BPK Perwakilan Sulawesi Selatan, Jum'at (9/6/2017) sore. 

Capaian WTP ini merupakan yang pertama kalinya diraih Kabupaten Kepulauan Selayar setelah lima tahun menyandang predikat Disclaimer. Pada Tahun Anggaran 2015 kemarin Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar di bawah kepemimpinan Muh. Basli Ali - Zainuddin mampu meningkatkan predikat tersebut menjadi WDP. 

"Syukur alhamdulillah, dibulan Ramadhan penuh berkah ini, LKPD Kabupaten Kepulauan Selayar  Tahun Anggaran 2016 mampu kita tingkatkan menjadi WTP," kata Basli Ali. 

Capaian ini lanjut Basli, merupakan hasil dari komitmen kami untuk melakukan perbaikan pada beberapa aspek, antara lain perbaikan prosedur pada proses penganggaran melalui penetapan sebelum tahun berjalan. Hal tersebut telah berdampak sangat luas terhadap tertib administrasi pengelolaan keuangan daerah. 

Dikatakan raihan opini WTP tersebut bukanlah akhir dari ikhtiar kami dalam menata pengelolaan keuangan daerah ke arah yang lebih baik. 

"Capaian ini merupakan langkah awal yang harus disertai langkah nyata yang dilakukan dengan penguatan etika, integritas dan kapabilitas keilmuan ASN, khususnya dalam pengelolaan keuangan, peningkatan kepatuhan terhadap aturan perundang-undangan melalui revitalisasi peran Inspektorat Kabupaten, revitalisasi peran dan fungsi BPKPAD," jelas Basli Ali. 

Sementara Kepala BPK Perwakilan Sulsel Endang Tuti Kardiani meminta apa yang dicapai oleh Kabupaten Kepulauan dapat dipertahankan. Menurutnya mempertahankan lebih sulit dari meraihnya, apalagi capaian itu merupakan capaian tertinggi dalam hasil pemeriksaan LKPD. 

Selain Kabupaten Kepulauan Selayar, capaian yang sama juga diraih oleh Kabupaten Gowa, Kabupaten Pankep dan Kabupaten Toraja Utara. Pada Penyerahan LKPJ tersebut ditandai dengan Penandatanganan berita acara serah terima laporan hasil pemeriksaan BPK, oleh Ketua BPK Perwakilan Sulsel, para Bupati dan Ketua DPRD masing-masing Kabupaten. 

Dari unsur Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar hadir juga Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., Sekda Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si, Kadis Kelautan dan Perikanan Ir. Makkawaru Asisten Administrasi Drs. Dahlul Malik, M.H. Kabag. Humas dan Protokol Hj. Patta Tulen, S. Sos. M.Si bersama sejumlah pimpinan OPD lainnya. (FIRMAN) 




Berita Populer

Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook