Bupati Kepulauan Selayar Titipkan Sejumlah Harapan Terhadap Program CCRES

Bupati Kepulauan Selayar Titipkan Sejumlah Harapan Terhadap Program CCRES


kepulauanselayarkab.go.id - Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali mengeluarkan pernyataan terhadap kehadiran program CCRES (Capturing Coral Reef & Related Ecosystem Services) di Kabupaten Kepulauan Selayar. Dalam pernyataanya Bupati Kepulauan Selayar berharap kehadiran program CCRES dapat membawa perubahan perilaku secara positif pada masyarakat pesisir Kepulauan Selayar, sehingga mereka dapat memanfaatkan sumber daya pesisirnya terutama terumbu karang, padang lamun dan mangrove untuk kesejahteraan mereka sendiri di kemudian hari.

Hal ini dikemukakan Muh. Basli Ali saat menghadiri kegiatan yang diselenggarakan oleh tim CCRES di Fairmont Hotel Jakarta, Selasa (1/8/2017). Tim CCRES mengangkat tema memperkuat pengelolaan pesisir di indonesia yang di moderatori oleh Dr. Luky Adrianto dari CCMRS, IPB Bogor. Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si hadir juga dalam acara ini bersama Kadis Kelautan dan Perikanan Kepulauan Selayar Ir. Makkawaru.

Menurut Bupati Kepulauan Selayar Muh Basli Ali yang perlu dilakukan oleh CCRES adalah bagaimana upaya memberi pemahaman dan penyadaran kepada seluruh masyarakat pesisir akan pentingnya melakukan pemanfaatan sumber daya yang tepat di wilayah pesisir dan dilakukan secara ramah lingkungan. Hal ini dimaksudkan agar sumber daya kelautan dan perikanan di wilayah pesisir dapat dikelola secara lestari dan berkelanjutan.

“Salah satu tantangan yang kita hadapi adalah karena masyarakat wilayah pesisir di Kabupaten Kepulauan Selayar masih tergolong memiliki tingkat pendidikan yang masih rendah, sehingga menyebabkan kesadaran terhadap pemanfaatn sumber daya kelautan dan perikanan secara ramah lingkungan juga sangat rendah,” kata Basli Ali.

Terkait dengan hal tersebut Muh. Basli Ali berharap agar program CCRES di Kabupaten Kepulauan Selayar, dapat menemukan pola desain atau sistem yang tepat dan efektif, sehingga menjadi sebuah rekomendasi  bagi pemerintah daerah yang akan dijadikan rujukan, serta diharapkan akan memberi kontribusi dalam pelaksanaan pembangunan di daerah terutama dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat pesisir di Kabupaten Kepulauan Selayar. (Andi Basri / Firman)


Berita Populer

Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook