Bupati Kep. Selayar Buka Pelatihan SDM Kewirausahaan, Sekaligus Serahkan Bantuan Bagi Pelaku UKM

Bupati Kep. Selayar Buka Pelatihan SDM Kewirausahaan, Sekaligus Serahkan Bantuan Bagi Pelaku UKM

Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali foto bersama dengan para pelaku UMKM usai membuka pelatihan SDM kewirausahaan di Rayhan Royal Room. (Foto by Boncel)


kepulauanselayarkab.go.id - Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali membuka secara resmi pelatihan SDM kewirausahaan sekaligus menyerahkan bantuan alat dan sertifikat halal bagi pelaku UKM, bertempat di Rayhan Royal Room, Rabu (27/12/2017). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian,  Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkum) dihadiri oleh para Asisten, para Kepala OPD, camat, dan para pelaku UKM.

Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali mengatakan sektor usaha mikro kecil dan menengah memiliki peranan yang besar dan strategis bagi perekonomian daerah. Menurutnya dari berbagai kegiatan dan segala usaha yang digeluti oleh para pelaku UMKM telah memberikan kenyataan bahwa peranannya dalam perekonomian sangat besar. Namun tak dipungkiri terdapat berbagai hambatan dan kendala, baik yang bersifat internal maupun eksternal.

Terkait dengan hal tersebut, melalui kegiatan pelatihan SDM kewirausahaan, bupati mengharapkan dapat menjadi wahana untuk melakukan evaluasi, sekaligus mengantisipasi terjadinya bias pelaksanaan program yang dibiayai oleh APBD.

“Dari hasil evaluasi ini dapat segera ditindaklanjuti dengan menjalankan berbagai tindakan dan langkah-langkah yang diperlukan guna memperbaiki kinerja pelaksanaan program. Sedangkan dalam jangka menengah, hasil evaluasi dapat dijadikan bahan untuk pengembangan kebijakan dan program pada tahun mendatang,” kata Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali.

Dalam arahannya Bupati mengemukakan pemberdayaan UMKM seharusnya diarahkan pada upaya peningkatan produktivitas dan daya saingnya, serta secar sistematis diarahkan pada upaya penumbuhan wirausaha baru di sektor-sektor yang memiliki produktivitas tinggi yang berbasis pengetahuan, teknologi dan sumberdaya lokal.

Sementara Kadis Perindagkum Kepulauan Selayar Drs. Hisbullah Kamaruddin dalam laporannya mengemukakan bahwa kegiatan tersebut dijadwalkan berlangusng selama 2 hari, yakni 27-28 Desember 2017. Pemateri yang dihadirkan adalah Dr. Mariyadi, S.E.,M.M., (Direktur pasca sarjana STIE NOBEL Makassar), Drs. Hizbullah Kamaruddin, dan Jamaluddin, KM., S.E.

Reporter : Dianika Ariatami
Fotographer : Boncel
Editor : Firman


Berita Populer

Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook