Beduk Takbir dan Event Silajara Muliang, Sambut Hari Kemenangan Idul Fitri 1439 H

Beduk Takbir dan Event Silajara Muliang, Sambut Hari Kemenangan Idul Fitri 1439 H


SELAYAR, kepulauanselayarkab.go.id - Penabuhan beduk oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., di Pelataran Taman Pelangi, Jumat malam (14/6/2018), menandai dimulainya event "Silajara Muliang" sekaligus Beduk Takbir dan pelepasan kendaraan hias sambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018 Masehi. 

Sekadar dinfokan bahwa event Silajara Muliang ini merupakan rangkaian kalender event Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2018, yang telah dilaunching oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar pada Tahun 2017 kemarin di Kementerian Pariwisata. 

Seremoni dimulainya event Silajara Muliang dan pelepasan kendaraan hias peserta takbir keliling ini dihadiri para Asisten, Ketua DPRD Selayar Mappatunru, Dandim 1415 Kepulauan Selayar Letkol Arm Yuwono, S. Sos., M.M bersama unsur Forkopimda lainnya, para pimpinan OPD, Camat, dan lurah, para pimpinan instansi vertikal, BUMN dan BUMD, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya. 

Atraksi beduk Takbir Silajara Muliang, dengan tema Pappasang To Ha'le dari Sanggar Seni Tanadoang juga mewarnai kegiatan tersebut. 

"Di samping menyelenggarakan Syiar Islam sebagai bagian dari upaya menyambut hari kemenangan, sekaligus kita Menyelenggarakan bagian dari event pariwisata," kata Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H Zainuddin, S.H., M.H. 

Event tersebut kata Zainuddin adalah bagian yang integral dari pariwisata religius yang sejalan dengan visi Kabupaten Kepulauan Selayar yakni terwujudnya masyarakat maritim yang sejahtera berbasis nilai agama dan budaya. 

"Saya mengimbau agar kegiatan yang kita laksanakan ini mampu menunjukkan sikap dan perilaku yang Islami dan menjadi contoh keteladanan yang baik, termasuk dalam pelaksanaan pawai kendaraan hias dengan gema takbir," ujar Wakil Bupati. 

Sementara Kabag. Kesra Sitti Rahmania, S.H sebagai panitia pelaksana menyebut bahwa event tersebut dimaksudkan sebagai ajang silaturrahim dengan masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar yang ada diperantauan yang pada hari ini mudik ke Kabupaten Kepulauan Selayar dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1439 H. 

Selain itu kata Sitti Rahmania juga sebagai Syiar Islam kepada seluruh masyarakat menyambut hari kemenangan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, sekaligus untuk meningkatkan animo masyarakat yang ada diperantauan untuk kembali ke Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Terdata ada 29 kendaraan yang dihias bernuansa Islami dan pariwisata ditambah ratusan kendaraan roda 4 lainnya utusan dari OPD, pengurus Mesjid, Camat, desa Kelurahan, serta Komunitas lainnya. 

Sementara data dari Polres Selayar Bahwa untuk pengamanan kegiatan itu, Polres Selayar menurunkan sedikitnya 100 personilnya ditambah 100 personil gabungan dari berbagai instansi. (FIRMAN) 


Berita Populer

Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook