Mengawali Kunkernya di Takabonerate, Bupati Kepulauan Selayar Salurkan Bansos Kepada ribuan Warga

 Mengawali Kunkernya di Takabonerate, Bupati Kepulauan Selayar Salurkan Bansos Kepada ribuan Warga


kepulauanselayarkab.go.id - Kunjungan kerja Bupati Kepulauan Selayar Muh Basli Ali dan rombongan pada sejumlah kecamatan di kepulauan, dengan agenda penyaluran bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH), Beras Sejahtera (Rastra), dan Launching bantuan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH), diawali dari Kecamatan Takabonerate, Kamis (22/2/2018). 

Didampingi oleh Kadis Sosial Drs. Musytari, M.M., Pub dan Camat Takabonerate Andi Asling, Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali menyerahkan langsung Bansos non tunai PKH kepada masyarakat Kecamatan Takabonerate khususnya pada keluarga penerima manfaat, yang berlangsung di Kantor Kecamatan Takabonerate. Bupati juga sekaligus memasang langsung plat di rumah-rumah penduduk penerima bantuan. 

Hadir juga tim dari BRI cabang Selayar, Kabag Humas dan Protokol Hj. Patta Tulen, S., Sos., M.Si., Kabag Umum dan Perlengkapan Andi Imran, S. Sos., Kasubag Humas dan Pemberitaan Mursalim, S. Sos., Kabid Pemberdayaan kesejahteraan dan Penanganan fakir miskin Rudi Apriadi Eka Putra, ST. Kasi Pemberdayaan kesejahteraan dan Penataan lingkungan sosial Andi Ardiansyah. 

Khusus wilayah Kecamatan Takabonerate data masyarakat penerima pemanfaat dari program bantuan sosial yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, berjumlah 2.247, sudah termasuk di dalamnya penerima PKH, RS-RTLH, dan penerima Rastra. 

Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali disela-sela penyerahan Bansos tersebut berpesan agar bantuan itu dimanfaatkan untuk hal-hal bermanfaat bagi keluarga.

Muh. Basli Ali selanjutnya mengemukakan bahwa program ini adalah program Presiden RI melalui Kementerian Sosial yang disalurkan untuk keluarga miskin, yang terdaftar dalam data terpadu penanganan fakir miskin.

"Bantuan sosial ini kita salurkan secara non tunai melalui buku tabungan dan ATM KKS yang berfungsi sebagai kartu debit/ATM. Kartunya diserahkan langsung oleh Bank BRI didampingi oleh pendamping PKH setiap kecamatan," kata Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali.

Selanjutnya Bupati mengemukakan, Keluarga Penerima Manfaat bisa langsung mencairkan melalui mesin ATM/agen terdekat sejumlah Rp. 500.000 per tahap sebanyak 4 tahapan pencarian dalam 1 tahun sebesar 2 juta rupiah.

Bupati menegaskan kepada masyarakat pemanfaat khususnya masyarakat Takabonerate bila menemukan adanya pelayanan jajaran pemerintahan yang dinilai kurang dan menyimpang maka silahkan laporkan hal tersebut kepada Bupati.

Selanjutnya Bupati juga mewanti wanti para Kepala Desa agar hati-hati dalam mengelola dana desa. Jangan sampai pengelolaannya tidak menyentuh kepentingan masyarakat desa. Masyarakat harus menerima manfaat dari dana desa, tegas Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial, Drs. Musytari, M.M., Pub melaporkan bahwa total penerima bantuan sosial non tunai untuk wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun Anggaran 2018, berjumlah 6.012 KPM.

Agenda yang diterima dari Humas dan Protokoler Daerah bahwa penyerahan bantuan PKH ini akan dilaksanakan diseluruh wilayah kecamatan kepulauan. Diawali dari kecamatan Takabonerate dan diakhiri di Kecamatan Pasimasunggu.

Dalam kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh Bupati untuk bersilaturahmi dengan warga diwilayah kepulauan. Dimana dalam sambutannya dihadapan masyarakat kepulauan yang hadir Bupati mengungkapkan rasa gembiranya bisa bersilaturrahim. (MR/Lo2 /YS/)


Berita Populer

Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook